Kamis, 18 Februari 2016

Definisi Engine Overhaul

http://2.bp.blogspot.com/-CH2hVW6DN3Q/U3IUdCcrUoI/AAAAAAAADe0/cpSrGD0xqko/s1600/ovh+eg.png
Apa sih sebenarnya definisi dari "engine overhaul" ?

Dari sumber-sumber yang saya dapatkan di internet tidak banyak yang menjelaskan secara kongkrit apa itu definisi engine overhaul.

Ada yang menyebutkan bahwa engine overhaul adalah "turun mesin", ada juga yang menyebutkan kalau overhaul adalah service berat / besar, ada juga yang menyebutkan sebagai kegiatan memeriksa dengan teliti untuk memperbaiki keadaan, membuka dan memperbaiki apa yang kurang baik.

Ada satu sumber yang menurut saya bisa kita jadikan acuan yang menyebutkan bahwa definisi engine overhaul (rebuild) adalah suatu prosedur (pekerjaan / program) terorganisir yang dilakukan untuk mengembalikan performa engine ke nilai spesifikasi standar pabrik dan memberikan usia kedua dengan merekondisi komponen yang aus atau rusak mengacu pada petunjuk pemakai ulang (Reusable Parts) komponen menurut standar pabrik.

Dari penjelasan diatas kesimpulannya adalah, bahwa engine overhaul adalah:
  • Pekerjaan yang teroganisir (perlu adanya perencanaan yang baik)
  • Bertujuan untuk mengembalikan performa engine kembali ke standar pabrik.
  • Memberi usia kedua pada engine (menambah umur pemakaian engine)
  • Penggantian atau pemakaian ulang komponen / parts mengacu pada petunjuk pemakaian ulang (Guiden for Reusable Parts) yang dikeluarkan oleh pabrik.
Lalu apa saja pertimbangan-pertimbangan untuk dilakukannya suatu pekerjaan engine overhaul dan hal-hal apa saja yang dapat mempercepat interval engine overhaul maupun metode engine overhaul yang bagaimana yang baik untuk dilakukan ?
 
Sumber: http://www.pipercomex.com/2014/05/definisi-engine-overhaul.html
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

ASAL KOTA PENGUNJUNG

ASAL KOTA PENGUNJUNG

Total Tayangan Halaman

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support